Agen Penjualan pupuk hayati M-Bio porasi. Tlp 085-323-179-112

Selasa, 27 Maret 2018

Pupuk Dasar Tanaman Buncis

Pupuk Dasar Tanaman Buncis - Bagi petani maupun anda yang hendak menanam buncis di kebun, berikut ini pupuk dasar tanaman buncis yang organik dan cocok dipakai selama masa tanam meski tanpa campuran pupuk anorganik. Tanaman buncis dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu tipe merambat (bersifat indeterminate) dan tipe tegak (berbentuk semak dan bersifat determinate). Tanaman buncis membutuhkan unsur hara lengkap baik unsur hara makro maupun mikro, oleh sebab itu penggunaan pupuk organik lebih disarankan dibandingkan pemakaian pupuk anorganik. Selain membutuhkan cukup banyak unsur hara N (nitrogen) dan K (Kalium), tanaman buncis membutuhkan unsur hara P (fosfor) lebih banyak dalam pupuk dasar tanaman buncis supaya pertumbuhan dan hasil panen memuaskan, berikut manfaat kandungan unsur hara P bagi tanaman buncis: 
  1. Merangsang pertumbuhan akar, pembentukan bunga dan buah, 
  2. Dibutuhkan untuk enzim-enzim pernapasan & pembentukan klorofil / warna hijau tanaman, 
  3. Berfungsi untuk pengangkutan energi hasil metabolisme dalam tanaman buncis 
  4. Memperkokoh tegaknya batang tanaman buncis.

Pupuk Dasar Tanaman Buncis dan Dosis Pemakaiannya
Untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan bahkan 30% lebih banyak dibanding panen biasanya, ikuti cara pemupukan yang tepat untuk tanaman buncis dibawah ini,

1. Pupuk Dasar I Tanaman Buncis
Saat anda melakukan pengolahan tanah / membuat bedengan untuk tanaman buncis, tebarkan pupuk dasar I di atas tanah kemudian campur dengan tanah sampai rata. Dosis pupuk dasar I tanaman buncis berkisar antara 5 - 10 ton/ha, tergantung pada komoditas tanaman dan tingkat kesuburan tanah. Bagi anda yang menanam tanaman buncis dalam pot, campuran media tanam memakai perbandingan 1 media tanam : 1 pupuk dasar. Berikut ini cara pembuatan pupuk dasar I tanaman buncis,
Bahan-bahan:
- Kotoran ternak (ayam / sapi / kambing / kelinci, dll): 40 kg
- Daun-daun kering / kulit buah / rerumputan: 10 kg
- Buah-buahan setengah busuk: 20 kg
- Batang & bonggol pisang: 30 kg
- Dedak / bekatul / serbuk kayu: 5 kg
- Gula merah / gula putih: 100gr
- Air bersih / air cucian beras: ± 5 liter
- Pupuk Hayati M-BIO: 105ml (7 tutup botol)

Pembuatan:
  • Larutkan Pupuk Hayati M-BIO, gula & air di dalam wadah hingga tercampur rata
  • Campur rata dedaunan / rerumputan / batang & bonggol pisang yang telah dicacah & bahan-bahan organik lainnya menggunakan sekop.
  • Siramkan larutan M-BIO, air & gula secara merata dengan menggunakan embrat pada campuran bahan organik, sampai kandungan air pada campuran bahan organik tersebut mencapai ± 50% (adonan bila diremas dengan tangan tidak keluar air, dan apabila remasan dilepas adonan mekar)
  • Adonan ditumpukkan merata di tempatnya, kemudian ditutup dengan karung goni atau penutup lainnya supaya tidak terkena hujan dan sinar matahari langsung. 
  • Setelah 6-8 jam, suhu adonan diperiksa. Selanjutnya aduk-aduk / balik adonan sampai suhu adonan dingin kemudian ditutup kembali. 
  • Setelahnya, adonan harus dibalik / diaduk kembali setiap hari untuk menjaga suhu adonan tetap di bawah 40° C.
  • Setelah ± 7-10 hari fermentasi, Pupuk dasar I Tanaman buncis siap diaplikasikan.

2. Merendam Biji / Benih Buncis
Sebelum ditanam, rendamlah benih buncis didalam larutan 1 tutup botol Pupuk Hayati M-BIO yang telah dicampur dengan 1 liter air. Hal ini sangat penting dilakukan karena pupuk hayati M-BIO mengandung hormon auksin dan sitokinin yang mampu merangsang proses perkecambahan biji sehingga dapat mempercepat proses pertumbuhan tunas dan melindungi tanaman buncis dari serangan hama / penyakit sejak dini.

3. Semprot lahan sebelum tanam
1 hari sebelum benih buncis ditanam, semprot lahan / bedengan dengan larutan Pupuk hayati M-BIO dosis 7 tutup botol yang dicampur dengan 14 liter air. Hal ini dilakukan supaya kandungan mikroba yang ada dalam Pupuk Hayati M-BIO bekerja aktif dalam mengikat N, melarutkan P dan K menjadi unsur hara yang tersedia bagi tanaman. Dengan begitu, tepat setelah benih buncis dibenamkan dalam tanah, media tanam sudah dipenuhi dengan unsur hara majemuk yang siap diserap dengan mudah oleh benih tanaman buncis.

4. Pengecoran
Setiap 7 hari sekali, kocorkan larutan M-BIO ke lubang akar dengan dosis 1 liter Pupuk Hayati M-BIO yang dicampur dengan 150 liter air. Biasanya setiap 1 tangkai buncis membutuhkan 200cc / 1 gelas kecil, disiramkan ke dalam lubang akar. Pengecoran dilakukan supaya kandungan hormon dan enzim yang terdapat dalam pupuk hayati M-BIO bekerja dengan sempurna dalam:
  • Mempercepat proses pembentukan dan pertumbuhan akar.
  • Mempercepat proses terbentuknya bunga dan buah.
  • Mencegah kerontokan buah.

5. Pupuk Dasar II Tanaman Buncis
Di usia 3 minggu, saat tanaman buncis mempersiapkan diri untuk memulai proses pembentukan bunga, aplikasikan pupuk dasar II tanaman buncis yang banyak mengandung unsur hara P & K, apabila tanaman buncis terlihat cukup hijau, bahan organik yang banyak mengandung unsur hara N dalam pupuk dasar tanaman buncis sebaiknya dikurangi.
Bahan-bahan:
- Kulit buah-buahan / Sabut Kelapa: 3 kg
- batang & bonggol pisang / buah-buahan setengah busuk: 6 kg
- air cucian beras: 5 liter
- Gula merah / gula putih: 100 gr
- Air: 10 liter
- Pupuk Hayati M-BIO: 105ml (7 tutup botol)

Pembuatan:
  • Larutkan Pupuk Hayati M-BIO, air, gula & air cucian beras di dalam ember cat / wadah yang bisa ditutup rapat hingga tercampur rata. 
  • Masukkan bahan-bahan organik yang sudah dicacah ke dalam larutan dan aduk kembali hingga bahan-bahan organik terendam dalam air, volume bahan organik setidaknya ⅓ dari volume keseluruhan, kemudian tutup rapat supaya proses fermentasi bekerja dengan sempurna
  • Lakukan pengadukan larutan sehari sekali selama 7 hari, setelah itu larutan siap diaplikasikan.

Cara Penggunaan Pupuk dasar II Tanaman Buncis
  • Setiap satu liter pupuk dasar II tanaman buncis harus dicampur dengan ± 5 - 10 liter air, bila dirasa terlalu pekat boleh ditambah air.
  • Sebelum diaplikasikan, saring dahulu larutan pupuk cair tsb agar sisa-sisa bahan organik yang tidak larut-- tidak terbawa ke dalam tangki sprayer.
  • Kocorkan sebagian pupuk dasar tanaman buncis ini ke dalam lubang akar sekitar 1 gelas (± 200cc) untuk setiap tanaman. Sebagian lagi disemprotkan ke batang, cabang & daun tanaman menggunakan sprayer.
  • Setelahnya, aplikasikan pupuk dasar II tanaman buncis setiap 15 hari sekali, dengan dosis & cara yang sama.
  • Bahan organik yang tidak larut / hasil saringan pupuk cair ini memiliki kandungan yang kurang lebih sama, setelah dikeringkan bisa dibenamkan 15 cm dari batang tanaman buncis di hari berikutnya.

Peran Penting Pupuk Hayati M-BIO dalam Pupuk Dasar Tanaman Buncis

 pupuk dasar tanaman buncis
Isi: 1 liter, cukup untuk 1 ton pupuk padat
Pupuk Hayati M-BIO adalah Pupuk Biofertilizer yang tidak hanya mengandung berbagai hormon perangsang tumbuh seperti Auksin, Giberelin, Sitokinin dan enzim sebagai senyawa bioaktif untuk pertumbuhan tanaman buncis, namun juga berisi mikroba majemuk menguntungkan dalam pembuatan pupuk dasar tanaman buncis maupun bagi tanaman buncis itu sendiri, diantaranya: Azotobacter sp, Bacillus sp, Lactobacillus sp, Saccharomyces sp. Kumpulan bakteri tersebut telah teruji dapat  bekerja secara aktif sebagai pengikat N (Nitrogen) bebas menjadi senyawa yang berguna bagi tanaman buncis & sebagai agen pelarut P (Fosfat) dan K (Kalium) sehingga dapat dengan mudah diserap oleh tanaman. Selain itu, mampu menguraikan bahan-bahan organik lebih cepat (7-10 hari) dengan cara fermentasi dan menghasilkan pupuk dasar tanaman buncis yang lebih kaya akan unsur hara dibanding pupuk organik biasa, inilah yang jadi penyebab meningkatnya hasil panen tanaman buncis.

Mikroba Bacillus sp. yang ada dalam Pupuk Hayati M-BIO dapat menghasilkan fitohormon yang berpotensi untuk mengembangkan sistem pertanian & efisiensi pemupukan berkelanjutan. Fitohormon yang dihasilkan bakteri ini dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung yaitu dengan menghambat aktivitas patogen pada tanaman (melindungi tanaman dari serangan hama / penyakit), sedangkan pengaruh secara langsung adalah meningkatkan pertumbuhan tanaman dan dapat bertindak sebagai fasilitator dalam penyerapan beberapa unsur hara dari lingkungan. 

DAPATKAN SEKARANG!!
Diskon 10% untuk 1 btl pertama
Info Lengkap Harga dan Pemesanan
 cara pemesanan m-bio pupuk dasar tanaman buncis
Distributor & Agen Resmi M-BIO Porasi
Keamanan dan Kenyamanan Privasi Pelanggan Terjamin

*(( Pupuk Dasar Tanaman Buncis ))*


Posted by: Agen Pupuk Hayati M-Bio